Minggu, 14 Maret 2010

Trik Membuat Read more

Lagi-lagi soal membuat fasilitas Read more.. atau Selengkapnya.. pada template baru (XML), topik ini rupanya yang paling banyak di baca dan di minati oleh para blogger baru. Hal ini terlihat dari banyaknya komentar yang masuk pada artikel tersebut, ada yang girang karena sudah merasa berhasil dan ada juga yang sedikit kecewa karena masih menemui kegagalan.

Dengan masih adanya kegagalan-kegagalan tersebut, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa metode yang saya sampaikan ternyata masih kurang untuk di pahami. Dari itu tentu harus di pikirkan cara yang tepat dalam penyampaian suatu panduan. Beberapa waktu yang lalu ada sebuah komentar yang masuk pada salah satu artikel saya (artikel yang mana saya lupa dan sedikit malas untuk membuka dokumen komentar) bahwa metoda penyampaian tersebut sangatlah mudah untuk di pahami, maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba metoda tersebut pada artikel membuat fungsi Read more.. atau Selengkapnya...

Saran saya, ketika anda melakukan Editting pada kode template, sebaiknya jangan memakai browser Internet Explorer terutama Internet Explorer 6, pakailah browser lain semisal FireFox ataupun Opera. Bagi yang belum mempunyai browser FireFox bisa mendownloadnya secara gratis di sini! dan untuk Opera bisa mendownloadnya di sini!, Kenapa jangan memakai Internet Explorer? ini merupakan pengalaman pribadi saya ketika melakukan editting sering menemukan pesan error ketika memakai IE, dan apabila memakai browser lain pesan Error tersebut tidak muncul (proses edtting sukses), dan saya pernah membaca di blogger forum banyak yang melaporkan isu ini dan pihak blogger sendiri menyarankan untuk sementara memakai browser lain selain IE (maaf lupa catat alamat link nya).
Bagi yang belum sukses membuat fungsi read more..., coba ikuti langkah berikut ini :
Langkah #1

  • Sign in di blogger dengan id anda.

  • Klik Pengaturan

  • Klik Format

  • Pada layar paling bawah, ada text area kosong disamping tulisan Template Posting, isi tesxt area kosong tersebut dengan kode di bawah ini :

  • Klik tombol Simpan Pengaturan


Pemasangan kode ini di maksudkan agar pada saat posting artikel, kode tersebut langsung muncul tanpa harus menuliskan terlebih dahulu, jadi membantu kita agar tidak harus selalu mengingat kode tersebut.

Langkah #2

  • Klik menu Dasboard

  • Klik Tata Letak

  • Klik tab Edit HTML

  • Klik tulisan Download Template Lengkap.

  • Silahkan save dulu template tersebut, ini di maksudkan untuk mengurangi resiko apabila terjadi kesalahan ketika melakukan editting pada template, kita masih punya back up data untuk mengembalikannya seperti semula

  • Beri tanda centang pada kotak di samping tulisan Expand Template Widget , lihat gambar di bawah :

  • Tunggu beberapa saat ketika proses sedang berlangsung

  • Silahkan anda cari kode berikut pada kode template milik anda :


atau kode di bawah ini (sama saja) ;

  • Hapus kode diatas, lalu ganti dengan kode di bawah ini (klik pada tombol untuk menandai):



  • Klik tombol Simpan Template
  • Selesai.


Cara Posting Artikel

  • Klik menu Posting

  • Klik menu Edit HTML, maka secara otomatis tampak kode yang telah kita setting tadi, yakni :

  • Tuliskan artikel yang ingin tampak pada blog sebelum kode :

  • Tulis keseluruhan sisa artikel sesudah kode di atas tadi dan sebelum kode :

  • Klik tombol bertuliskan MEMPUBLIKASIKAN POSTING

  • Klik tulisan Lihat Blog(di jendela baru) untuk melihat hasil dari postingan kita, kemudian lihat apakah hasilnya sukses atau tidak. Jika tidak, mungkin ada bagian yang terlewatkan. Coba lihat kembali langkah diatas

dr kolom tutorial

Selengkapnya...

Sabtu, 13 Maret 2010

Menyusuri jejak sejarah Kota Madiun

Dari Millist tetangga, semoga bermanfaat.....
* Sebelum berubah menjadi Madiun, nama yang dipakai ada beberapa versi :Pada
sejarah Kabupaten Madiun disebutkan 2 nama yaitu yaitu (desa / kabupaten)
Wonorejo dan Purbaya.
Sementara di Wikipedia muncul 2 nama yaitu Wonosari dan Purabaya * Nama Madiun
baru digunakan sejak tanggal 16 Nopember 1590 Masehi (untuk menggantikan nama
Purbaya / Purabaya).


* Asal kata Madiun berasal dari 2 versi yaitu :

gabungan
dari : kata "medi" (hantu) dan "ayun-ayun" (berayunan), maksudnya
adalah bahwa ketika Ronggo Jumeno melakukan "Babat tanah Madiun"
terjadi banyak hantu yang berkeliaran.pusaka/keris yang dipakai oleh Ki Ageng
Ronggo Jumeno adalah pusaka / keris Tundung Mediun.* Ki Panembahan Ronggo
Jumeno (Ki Ageng Ronggo) adalah perintis berdirinya wilayah Madiun.

*
Asal mula pemerintahan Kabupaten Madiun awalnya bermula dari Nguwaran
Dolopo dan kemudian pusat pemerintahan dipindahkan ke desa Sogaten.
Pada tahun 1575 berpindah lagi ke Desa Wonorejo atau Kuncen, Kota
Madiun sampai tahun 1590.

* Pusat pemerintahan Kota Madiun
semula adalah "Kuto Miring" terletak di Desa Demangan Kecamatan Taman
Kota Madiun, kemudian digeser ke utara lagi yaitu ditengah Kota Madiun
(sekarang di Komplek Perumahan Dinas Bupati Madiun).

* Beberapa
peninggalan keadipatian Madiun salah satunya dapat dilihat di Kelurahan
Kuncen, dimana terdapat makam Ki Ageng Panembahan Ronggo Jumeno, Patih
Wonosari selain makam para Bupati Madiun, Masjid Tertua di Madiun yaitu
Masjid Nur Hidayatullah dll.

* Di Kelurahan Taman juga
dimakamkan pahlawan-pahlawan pada zaman lampau, termasuk Kyai Ronggo
(tapi tak jelas disebutkan yang mana, karena Ronggo ada Ronggo I s/d
III)

* Ali Basah Sentot Prawirodirdjo adalah putra dari Ronggo II.

*
Pada tanggal 1 Januari 1832 Madiun secara resmi dikuasai oleh
Pemerintah Hindia belanda dan dibentuk suatu Tata Pemerintahan yang
berstatus "Karisidenan".

* Ibu Kota Karisidenan berlokasi di
Desa Kartoharjo (tempat Patih Kartohardjo) yang berdekatan dengan
Istana Kabupaten Madiun di Pangongangan.

* Pada tahun 1906
Kerajaan Belanda mengeluarkan Undang-undang yang bertujuan untuk
memisahkan wilayah perkotaan Madiun dari Pemerintah Kabupaten Madiun.

Rasanya, itu saja yang dapat aku ringkas tentang jejak sejarah Madiun. Kalau
terlalu banyak nanti aku tambah pusing
hehehe. Sedangkan bagi yang berminat untuk mengetahui lebih banyak
tentang sejarah Madiun, silahkan kunjungi sumber-sumber di bawah ini.
So... semangat yach !!

Sumber :
1. Sejarah Madiun
2. Sejarah Kabupaten Madiun
3. Kota Madiun
4. Raden Ayu Retno Dumilah


Selengkapnya...

Minggu, 07 Maret 2010

Genbilboards English N’ Science CupS (GENIUS) 2010

Tenggat Pendaftaran: 25 Maret 2010

GENIUS 2010 ( Genbilboards English N’ Science CupS) adalah kompetisi Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, dan Biologi tingkat SMP atau sederajat se Eks Karesidenan Surakarta yang diadakan oleh OSIS SMA Negeri SBBS (Sragen Bilingual Boarding School). Ketentuan Umum

* Peserta GENIUS adalah siswa/i dari SMP atau sederajat se eks- Karesidenan Surakarta yang belum menyelesaikan pendidikannya pada tanggal pelaksanaan lomba.
* Tiap tim terdiri dari 3 orang.
* Setiap sekolah dapat mengirimkan tim sebanyak-banyaknya.
* SMP Mitra kerja PASIAD Indonesia tidak diperkenankan mengikuti lomba ini.

Cara Pendaftaran

* Pendaftaran GENIUS 2010 dimulai pada tanggal 25 Februari 2010 sampai 25 Maret 2010.
* Biaya Pendaftaran GENIUS 2010 sebesar Rp. 50.000,00 per tim
*
Cara pendaftaran GENIUS
o Menghubungi no hp. 081 393 170 993 (sdr. Fahry )
o Datang langsung ke SMA Negeri SBBS.
*
Cara pembayaran
o Transfer ke no rekening 3 063 005 79 6 Bank Jateng KCP Gemolong, Sragen. atas nama SMP & SMA BILINGUAL BOARDING SRG kemudian bukti transfer dikirim melalui fax no (0271) 6811662 dan bukti pembayaran asli dibawa pada saat daftar ulang.
o Datang langsung ke SMA Negeri SBBS.
* Bukti transfer asli atau kwitansi pembayaran dibawa saat daftar ulang untuk mengambil kartu peserta.
* Pembayaran biaya pendaftaran paling lambat tanggal 25 Maret 2010.
* Download formulir Pendaftaran disini atau disini

Teknik dan Peraturan Genius

GENIUS 2010 terdiri dari 3 babak yaitu penyisihan, semifinal, final.

Penyisihan

1. Terdapat 120 soal dengan komposisi : Matematika, Biologi, Fisika dan Bahasa Inggris.
2. Waktu untuk babak penyisihan adalah 100 menit.
3. Isi data diri dan no.peserta pada lembar jawab LJK terlebih dahulu.
4. Gunakan pensil 2B untuk mengisi LJK.
5. Cara pengisian LJK terdapat pada LJK itu sendiri.
6. Peserta tidak boleh mengerjakan soal sebelum tanda bel untuk mengerjakan soal berbunyi.
7. Jawaban benar = +4, salah = 2 dan kosong = 0.
8. Hanya terdapat satu jawaban saja setiap pertanyaanya.
9. Selama babak penyisihan, dilarang :

* pinjam atau meminjam alat tulis
* menggunakan kamus (baik elektronik maupun buku)
* menggunakan alat hitung (seperti kalkulator, hp, laptop, dsb.)
* menerima / memberi catatan dari dan ke tim lain
* melihat / memperlihatkan jawaban kepada tim lain
* mengganggu tim lain

10. Pelanggaran akan dikenakan sanksi :

Pelanggaran pertama : peringatan

- Pelanggaran kedua : peringatan

- Pelanggaran ketiga : diskualifikasi

11. Untuk hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan kepada panitia.
12. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

Semifinal

1. Peserta semifinal adalah limabelas tim teratas dalam penyisihan.
2. Bentuk dari babak ini adalah RALLY GAMES.
3. Waktu pada babak ini adalah 120 menit.
4.
Terdapat 10 pos pada babak ini dengan komposisi
* Pos Matematika
* Pos Biologi
* Pos Fisika
* Pos Bahasa Inggris
* Pos Games ( 2 pos)
* Pos Logika
* Pos Trivia
* Pos Science history
* Dan Pos Gabungan
5. Nilai pada setiap pos berbeda-beda.
6. Untuk memasuki setiap pos harus menyebutkan kode rahasia. Jika peserta salah mengucapkan kode rahasia hingga tiga kali,peserta tidak dapat memasuki pos tersebut.
7. Kode rahasia adalah pentunjuk untuk mencari pos yang tersebar di Kampus SBBS.
8. Waktu minimal untuk meniggalkan pos adalah 10 menit (dihitung setelah mengucapkan kode rahasia dengan benar). Sebelum 10 menit peserta tidak boleh meniggalkan pos yang dikunjungi.
9.
Selama babak RALLY GAMES berlangsung peserta tidak diperkenankan :

- menggunakan kamus (baik elektronik maupun buku)

- menggunakan alat hitung (seperti kalkulator, hp, laptop, dsb.)

- menerima / memberi catatan dari dan ke tim lain

- melihat / memperlihatkan jawaban kepada tim lain

- mengganggu tim lain

- berbicara kepada selain teman satu tim
10. Untuk hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan kepada panitia.
11. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

Final

1. Peserta babak final adalah lima tim teratas dalam semifinal.
2.
Terdapat tiga bagian pada babak ini
1. All answer
2. Struggle to the End
3. Betting Time
3.
All answer
1. Terdapat 10 pertanyaan pada bagian ini.
2. Setiap tim akan menjawab pertanyaan yang ada pada lembar jawab
3. Nilai pada babak ini bertingkat dan untuk jawaban salah tidak terdapat pengurangan nilai.
4. Waktu pengerjaan soal berbeda-beda.
4.
Struggle to the End
1. Terdapat 15 pertanyaan pada bagian ini.
2. Nilai pada babak ini bertingkat dan untuk jawaban salah terdapat pengurangan nilai sesuai dengan pertanyaan masing masing.
3. Peserta yang membuyikan bel terlebih dahulu yang diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan.
4. Apabila peserta tidak dapat menjawab pertanyaan maka akan pertanyaan akan dilempar satu kali.
5.
Betting Time
1. Pada bagian ini hanya terdapat satu soal saja.
2. Peserta pada babak ini akan diberi kesempatan untuk melipatgandakan nilai dengan cara mempertaruhkan nilai.
3. Apabila peserta menjawab pertanyaan dengan benar maka nilai dari peserta akan ditambahkan sesuai dengan 2 kali lipat dari nilai yang dipertaruhkan.
4. Apabila peserta menjawab pertanyaan dengan salah maka nilai dari peserta akan berkurang sesuai dengan nilai yang dipertaruhkan.
5. Waktu pengerjaan soal adalah 10 menit
6.
Selama babak FINAL berlangsung peserta tidak diperkenankan :

- menggunakan kamus (baik elektronik maupun buku)

- menggunakan alat hitung (seperti kalkulator, hp, laptop, dsb.)

- menerima / memberi catatan dari dan ke tim lain

- melihat / memperlihatkan jawaban kepada tim lain

- mengganggu tim lain

- berbicara kepada selain teman satu tim
7. Untuk hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan kepada panitia.
8. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

Jadwal


NO.
Waktu Kegiatan Keterangan
1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.
07.00 – 08.30

08.30 – 09.00

09.00 – 09.10

09.10 – 10.50

10.50 – 12.00

12.00 – 12.30

12.30 – 15.00

15.00 – 15.30

16.00 – 17.30
Daftar Ulang

Pembukaan

Masuk ruangan, mengisi biodata Ljk

Babak Penyisihan

Hiburan, Pengumuman, ISHOMA

Technical Meeting

Semi Final

ISHOMA

Babak Final , Penyerahan Hadiah, Penutupan




Keterangan lebih lanjut kli www.genius-2010.blogspot.com



Infolomba dari
OSIS SMA Negeri SBBS (Sragen Bilingual Boarding School)
Googling segera! Cari dan temukan materi terkait lomba! Semangat ya!
Selengkapnya...

Olimpiade Akuntansi & Pasar Modal Nasional 2010

Tenggat Pendaftaran: 5 Maret 2010

Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta akan mengadakan “Olimpiade Akuntansi & Pasar Modal Nasional tingkat SMA/SMK/MA sederajat”. Acara ini merupakan sarana kegiatan bagi pelajar SMA/SMK sederajat kelas XI, untuk menguji kemampuan serta wawasan dalam suatu kompetisi di bidang Akuntansi dan Pasar Modal. Tema yang diangkat untuk acara ini adalah “Measure Your Skills Among the Best Performances”.

Kegiatan ini berisikan kompetisi Akuntansi dan Pasar Modal antar pelajar SMA/SMK sederajat dari seluruh Indonesia. Setiap sekolah yang ikut serta dapat mengutus maksimal tim (2 orang/tim).

Maksud dan Tujuan

* Merupakan salah satu program kerja HMJA (Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi) Politeknik Negeri Jakarta.
* Memberikan wawasan serta pengetahuan mengenai akuntansi dan pasar modal bagi para pelajar dan mahasiswa.
* Merupakan wadah bagi para pelajar untuk mengukur kemampuan yang dimiliki khususnya Akuntansi dan Pasar Modal.
* Menumbuhkan semangat untuk lebih meningkatkan kualitas diri dalam menghadapi era globalisasi.
* Sebagai media untuk menjembatani antara Perguruan Tinggi dengan tingkat SMA/Sederajat pada umumnya dan Jurusan Akuntansi pada khususnya.

Sasaran kegiatan

Pelajar kelas XI SMA/SMK sederajat se-Indonesia

Arahan Lomba

Para peserta akan diuji dengan bahan akuntansi pada kognitif tingkat pemahaman. Bahan ujian pada kompetisi ini adalah mengenai Akuntansi Perusahaan Jasa, Akuntansi Perusahaan Dagang, Ekonomi, Surat berharga dan Pengetahuan Akuntansi dan Investasi dalam dunia Pasar MODAL.

Dengan demikian, para peserta terutama penyandang juara diharapkan:

1. Sudah teruji ketangkasan dan kemampuan dalam menjawab soal-soal akuntansi.
2. Teruji kecermatan analisis dalam menyelesaikan kasus akuntansi.
3. Menjadi bibit unggul anak bangsa yang mepunyai kompetensi tinggi dalam bidang akuntansi.
4. Terpacunya profesionalisme dari para peserta.

Bentuk Kegiatan

Babak Penyisihan (Season 1)

Babak ini merupakan babak penyeleksian pertama untuk seluruh peserta Jabodetabek yang berupa pengerjaan pilihan ganda terdiri dari 90% soal dengan materi mengenai pengetahuan dasar akuntansi dan 10% materi pasar modal. Soal dibedakan antara SMA & SMK.

Babak Penyisihan (Season 2)

Babak ini merupakan babak penyeleksian tahap dua untuk peserta Jabodetabek, yaitu 10 tim terbaik SMA dan 10 tim terbaik SMK yang lulus pada babak penyisihan season 1. Soal berupa pilihan ganda yang terdiri dari 80% soal dengan materi akuntansi dan 20% materi pasar modal. Dari 100% soal tersebut, terdapat 30% soal berbahasa Inggris. Soal dibedakan antara SMA & SMK.

Babak Semifinal

Babak ini diikuti oleh 12 tim terbaik SMA dan 12 tim terbaik SMK yang mewakili 12 daerah di Indonesia (Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Lampung, Medan, Banjarmasin, Bali, NTT, Makasar, dan Jayapura ). Babak semifinal ini berupa pengerjaan soal siklus akuntansi dan pasar modal.

Eksplorasi

Pada babak ini peserta yang telah mengikuti babak semifinal (24 tim terbaik) akan mengunjungi Bursa Efek Indonesia (BEI) dan mendapatkan materi seminar mengenai pengetahuan pasar modal.

Babak Final

Babak ini diikuti oleh 5 tim . Pada babak ini metode perlombaannya adalah cerdas cermat.

Babak Grand Final

Babak ini diikuti oleh 3 tim terbaik yang berhasil melewati babak final. Pada babak ini metode perlombaannya adalah presentasi mengenai pasar modal dan cerdas cermat.

Syarat Pendaftaran

Merupakan siswa/i SMA/SMK sederajat kelas XI.

Menyetorkan uang pendaftaran sebesar Rp 100.000,00/tim yang ditransfer ke nomor rekening BCA 8690721636 atas nama Nurhasanah.

Mengisi & melampirkan berkas pendaftaran yang terdiri dari :

* Formulir pendaftaran
* Fotocopy bukti penyetoran
* Fotocopy kartu pelajar
* Surat keterangan dari sekolah
* Foto ukuran 3×4 (2 lembar)

Berkas pendaftaran dikirim langsung ke stand pendaftaran OAPM di PNJ atau ke email Panitia (accounting.fair@yahoo.com)

Pendaftaran secara online dapat dilakukan melalui website

http://daftar.hmjapnj.com mulai tanggal 17 Februari s/d 5 Maret 2010 .

Registrasi ulang dilaksanakan pada saat Technical Meeting dan seluruh berkas yang asli diserahkan kepada panitia.


Tata Cara Pendaftaran

Cara 1

1. Isi Form Pendaftaran dan lampirkan berkas secara Online di http://daftar.hmjapnj.com

2. Menyetorkan Uang Pendaftaran Ke rekening BCA Cabang Margonda Depok 8690721636 atas nama Nurhasanah.

3. Konfirmasi Transfer Melalui Sms/Telp. ke 085283764466

Cara 2

1. Isi Form Pendaftaran dan siapkan berkas yang disyaratkan.

2. Menyetorkan Uang Pendaftaran Ke rekening BCA Cabang Margonda Depok 8690721636 atas nama Nurhasanah.

3. Konfirmasi Transfer Melalui Sms/Telp. ke 085283764466

4. Kirim Formulir Pendaftaran dan berkas yang disyaratkan melalui Fax ke no. 02187791776 atau kirim Melalui Email ke accounting.fair@yahoo.com

Cara 3

1. Isi form Pendaftaran dan Membawa Berkas yang telah disyaratkan

2. Datang langsung ke stand pendaftaran yang telah disediakan di Pendopo GSG Politeknik Negeri Jakarta dengan membawa form pendaftaran, Berkas Peserta dan Uang pendaftaran.

informasi lebih lanjut hubungi panitia melalui SMS/Telpon

Waktu & Tempat Kegiatan
Technical Meeting
Hari / Tanggal : Senin, 8 Maret 2010
Tempat : Gedung Q Politeknik Negeri Jakarta

Babak Penyisihan (Season 1)
Hari / Tanggal : Sabtu, 13 Maret 2010
Tempat : Gedung F Politeknik Negeri Jakarta

Babak Penyisihan (Season 2)
Hari/Tanggal : Sabtu, 20 Maret 2010
Tempat : Gedung F Politeknik Negeri Jakarta

Babak Semifinal
Hari / Tanggal : Sabtu, 27 Maret 2010
Tempat : Gedung F Politeknik Negeri Jakarta

Eksplorasi
Hari / Tanggal : Senin, 29 Maret 2010
Tempat : Bursa Efek Indonesia

Babak Final & Grand Final
Hari / Tanggal : Selasa, 30 Maret 2010
Tempat : Bursa Efek Indonesia

Hadiah Lomba

Juara pertama

Tabungan senilai Rp 5.000.000 + Sertifikat + Medali + Beasiswa Pendidikan + piala tetap BEI + Piala Bergilir Dinas Pendidikan

Juara Kedua

Tabungan senilai Rp 3.000.000 + Sertifikat + Medali + Beasiswa Pendidikan + piala tetap BEI

Juara Ketiga

Tabungan senilai Rp 2.000.000 + Sertifikat + Medali + Beasiswa Pendidikan + piala tetap BEI

*Setiap Peserta mendapatkan konsumsi, sertifikat lomba dan training motivasi pada saat penyisihan serta berkesempatan mendapatkan doorprize menarik.

Tim Juri

Acara ini akan dipimpin oleh juri dari Bursa Efek Indonesia (BEI), Ikatan Akuntan Indonesia(IAI), dan dosen Politeknik Negeri Jakarta(PNJ).

Contact Person Panitia: SMS/TELPON
Ardy 02198604366/08998202646,
Tri 085218644932,
Stella 085711143943

Info Lomba dari
Ardy Kurniawan, Ketua Panitia dai Olimpiade Akuntansi & Pasar Modal SMA/SMK dari Politeknik Negeri Jakarta
Googling segera! Cari dan temukan materi terkait lomba! Semangat ya!
Selengkapnya...

Lomba Foto Jurnalistik 2010

Tenggat: 25 Maret 2010

Lembaga Pers Mahasiswa Techno FTP Universitas Brawijaya menyelenggarakan Lomba Foto Jurnalistik 2010. Tema Lomba adalah “Wajah Indonesiaku” Peserta Lomba
Pelajar, Mahasiswa dan Masyarakat Umum di seluruh Indonesia.

Ketentuan Lomba

Objek Foto
Seluruh obyek yang berkaitan dengan kegiatan yang mencerminkan bangsa Indonesia. Obyek foto yang dihasilkan sesuai dengan tema lomba.

* Foto harus sesuai dengan norma-norma dan peraturan yang berlaku di masyarakat
* Tidak boleh mengandung unsur SARA dan Politik.
* Harus sesuai dengan tema lomba.

Foto

1. Format foto adalah digital dengan ukuran sisi terpendek 2500 pixel (JPG kualitas maksimum)
2. Warna foto adalah bebas
3. Foto merupakan hasil karya selama tahun 2009 sampai dengan 2010 (Januari 2009 s/d Maret 2010)
4. Tidak diperkenankan mencantumkan unsur non fotografis pada foto, misalnya tanda tangan, frame digital, dan atau gambar dalam bentuk apapun.
5. Olah digital diperkenankan sebatas kamar gelap (Contras, Hue, Croping, Dodging, Burning, Saturation, Level, Curve, Noise Reduction / Dust Removing).
6. Montase foto tidak diperkenankan dan data exif harus tetap terjaga / tidak ada pengubahan data-data vital pada foto.
7. Foto merupakan hasil karya asli peserta dan tidak terkait dengan pihak manapun.
8. Seluruh konten yang ada di dalam hasil foto merupakan tanggung jawab dari fotografer.
9. Foto belum pernah dipublikasikan di media apapun dan atau belum pernah memenangkan lomba foto.

Waktu Perlombaan

* Penerimaan (Upload) Foto : 15 Februari 2010 s/d 25 Maret 2010
* Batas Akhir Penerimaan Foto : 25 Maret 2010 pukul 23:59:59 WIB
* Penjurian foto : 26 Maret 2010 s/d 29 Maret 2010
* Pengumuman Nominasi : 30 Maret 2010 di Blog TECHNO
* Pameran Foto Nominator : 1 s/d 2 April 2010 di Lobi Fakultas Teknologi Pertanian, 3 April 2010 di Gedung PPI Universitas Brawijaya
* Pengumuman Pemenang : 3 April 2010 di Talkshow dan Workshop TECHNO PRESENT 2010

Tata Cara Perlombaan

* Download formulir pendaftaran di blog LPM TECHNO http://lpmtechno.wordpress.com/
* Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 10.000 per karya foto melalui tranfer ke Bank BRI No. Rek. 3127-01-014139-53-1 a/n Yoes Bachtiar Pristya.
* Mengirimkan foto melalui e-mail lombatp2010@yahoo.com dengan format : nama depan_judul foto.jpg
* Pengiriman karya foto disertakan juga formulir pendaftaran, kartu identitas diri (Kartu Pelajar, KTM, KTP) dan bukti pembayaran (scan).

Download Kriteria Lomba dan Formulir Pendaftaran disini

Contact Person :
Yoes – 0857 3110 9357
Kiki – 0852 5392 9965





Info Lomba dari
MUVTI ANDI NURCAHYO


Selengkapnya...

The 8th National Student Paper Competition (NSPC)

Tenggat: 20 Maret 2010

National Student Paper Competition is an event held by Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

The 8th National Student Paper Competition (NSPC) brings the topic “Solving food problems using technology implementation” that will be discussed into more specific sub theme, indigenous foods; treasures in peril, food sanitation, emergency foods, potential nutrition source and food diversification. Through NSPC, we expect the government, industry, society and the academic institution will be more concern and aware of solving food problems. Thus, we can make a better solution for this country and make a better life for the society.
TEMA

“Solving Food Problems Using Technology Implementation”

SUB TEMA

* Indigenous Food ; Treasures In Peril
* Food Sanitation
* Emergency Foods
* Potential Nutrition Source
* Food Diversification

KETENTUAN PESERTA

1. Peserta merupakan mahasiswa aktif S1 atau Diploma perguruan tinggi negeri atau swasta di Indonesia dan masih berstatus mahasiswa saat final.
2. Peserta dapat perorangan atau berkelompok dengan jumlah maksimal 3 orang dan harus berasal dari perguruan tinggi yang sama.
3. Anggota kelompok dapat berasal dari disiplin ilmu yang berbeda.
4. Peserta wajib mendaftarkan diri secara online dengan mendownload formulir pendaftaran di official blog NSPC : http://nspc2010.wordpress.com/
5. Peserta yang mendaftarkan diri wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000,00 (per tim) ke rekening panitia NSPC atas nama HIMITEPA BRI, Bank BRI cabang Kampus IPB Bogor dengan No. Rekening 059501006223502

HADIAH

1. Juara 1 : Rp 3.000.000,00 + trophy + sertifikat
2. Juara 2 : Rp 2.000.000,00 + trophy + sertifikat
3. Juara 3 : Rp 1.000.000,00 + trophy + sertifikat

KETENTUAN KOMPETISI

1. Setiap tim harus membuat dan mengirimkan karya tulis sesuai dengan tema yang ditentukan. Karya tulis yang dikirimkan merupakan hasil pemikiran sendiri, bukan hasil jiplakan dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
2. Setiap karya yang dikirimkan tidak diperkenankan sedang berpartisipasi atau telah memenangkan penghargaan dalam kompetisi serupa di tempat lain.
3. Peserta harus mengirimkan karya tulisnya (bentuk softcopy) dalam bahasa Inggris ke email: nspc2010@yahoo.com dalam bentuk file word, beserta dengan formulir pendaftaran dan bukti pembayaran paling lambat diterima tanggal 20 Maret 2010.
4. Setiap peserta hanya diperkenankan mengirimkan satu karya tulis.
5. Setiap karya tulis yang diajukan mendapat bimbingan dari seorang dosen pembimbing dari perguruan tinggi yang sama.
6. Karya tulis peserta akan diseleksi pada tahap penjurian awal untuk menentukan 5 (lima) finalis.
7. Nama-nama finalis akan diumumkan melalui official blog NSPC http://nspc2010.wordpress.com/, atau website HIMITEPA http://www.himitepa.org. dan melalui email masing-masing pada tanggal 18 April 2010.
8. Semua finalis diwajibkan mempresentasikan karya tulisnya dihadapan dewan juri dan penonton pada saat Final di Gedung Alumni IPB tanggal 1 Mei 2010 (akan ada informasi lebih lanjut).
9. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

10. Segala urusan keuangan menyangkut pembuatan karya tulis bukan merupakan tanggung jawab panitia

KETENTUAN KARYA TULIS

Karya tulis yang dikirimkan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :

1. Karya harus bersifat asli, tidak meniru karya orang lain.
2. Karya disampaikan dalam bentuk yang sistematis, runut, dan didukung oleh data atau informasi yang terpercaya.
3. Sesuai dengan tema dan subtema yang telah ditentukan.
4. Karya Tulis ditulis dalam Bahasa Inggris yang baku dan ilmiah.
5. Mengikuti sistematika penulisan yang ditetapkan.
6. Karya tulis diketik minimal 10 halaman, maksimal 20 halaman tidak termasuk halaman judul, halaman pengesahan dan bagian akhir.


AGENDA KOMPETISI

* 23 November 2009 – 20 Maret 2010 : Pendaftaran dan pengumpulan paper
*
20 Maret 2010 : Deadline paper
* 20 Maret 2010 – 15 April 2010 : Seleksi paper
* 18 April 2010 : Pengumuman presenter yang lolos seleksi
* 26 April 2010 : Deadline pengumpulan materi presentasi
* 1 Mei 2010 : Final dan seminar NSPC

Contact Person : Nadea (085781000237)


Selengkapnya...

Lomba Penulisan Essai Anak Rantau 2010

Tenggat: 1 April 2010

Dalam Rangka Memeriahkan “Pesta Anak Rantau” yang dilaksanakan olehh Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa/pelajar Indonesia (IKAMI) Sulsel Cabang Malang. Kami mengundang kawan-kawan mahasiswa seluruh Indonesia yang merantau di pulau Jawa dan Bali, untuk mengikuti Lomba Penulisan Essai Anak rantau 2010.
Tema Kegiatan: Ada Rindu Yang Patut Diungkapkan.

Periode Pelaksanaan Lomba dimulai pada tanggal 1 Februari s/d 1 April 2010.

Ketentuan Umum:

1. Peserta lomba dapat mengirimkan lebih dari satu essai.
2. Mahasiswa rantau yang berada di wilayah Pulau Jawa dan Bali.
3. Melampirkan fotokopi KTP/SIM dan Kartu Mahasiswa.
4. Melampirkan biodata lengkap dan pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar.

Syarat Penulisan Essai:

1. Panjang essai maksimal 5 halaman, menggunakan kertas ukuran A4, ditulis dengan spasi 1.5, margin normal, dan jenis huruf Times New Roman, font 12.
2. Naskah ditulis dengan kaidah penulisan baku sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). (istilah asing/daerah dicetak miring dan disertakan catatan kaki).
3. Naskah digandakan sebanyak 3 (tiga) rangkap dan menyertakan soft file berupa CD.
4. Tema essai harus berhubungan dengan tema kegiatan.
5. Isi essai harus asli bukan saduran atau terjemahan (menyertakan surat pernyataan).
6. Essai belum pernah/tidak sedang dilombakan dan belum pernah dipublikasikan di media massa apapun.
7. Naskah dikirim kepada panitia selambat-lambatnya tanggal 1 April 2010 (cap pos).
8. Naskah lomba dikirimkan dalam sampul tertutup, pada sudut kiri atas dicantumkan kode “Pesta Anak Rantau 2010″.

Naskah dikirim kepada Panitia Lomba Penulisan Essai dengan alamat tujuan

Jl. Tlogo Al-kautsar No. 58 Malang – Jawa Timur. Kode Pos: 65144

Pengumuman pemenang lomba penulisan akan diumumkan pada hari Kamis, 22 April 2010 di blog: http://catatan-perantau.blogspot.com

Total hadiah 10* Juta Rupiah
Pusat Informasi
Email/Facebook : anak.rantau2010@yahoo.com
Blog : http://catatan-perantau.blogspot.com
Kontak personalia : 085233291133 (Jumrayana) – 085255637010 (Najamuddin)



Infolomba dari
Rantau Anak

Selengkapnya...